Jurnal Pewarta Indonesia
Vol 5 No 1 (2023): Jurnal Pewarta Indonesia

Representasi Teman Tuli dalam Iklan Pond’s Bright Beauty Serum "Wajahmukekuatanmu"

Rahmawati Putri (Univeristas Amikom Purwokerto Jl. Letjend Pol. Soemarto No. 126, Watumas, Purwokerto 53127 - Indonesia)
Ade Tuti Turistiati (Univeristas Amikom Purwokerto Jl. Letjend Pol. Soemarto No. 126, Watumas, Purwokerto 53127 - Indonesia)
R. Satria Setyanugraha (Univeristas Amikom Purwokerto Jl. Letjend Pol. Soemarto No. 126, Watumas, Purwokerto 53127 - Indonesia)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2023

Abstract

Perkembangan sektor periklanan membuat penayangan iklan semakin kreatif dan beragam. Iklan dikemas dengan baik sehingga iklan dapat menghasilkan brand awareness.  Produk iklan pun berada pada top of mind masyarakat. Pemeran iklan pada produk kecantikan umumnya adalah artis atau orang-orang terkenal yang memiliki kecantikan atau rupawan sehingga menarik perhatian. Namun, produk iklan kecantikan salah satunya iklan Pond’s Bright Beauty Serum menggunakan Teman Tuli sebagai model. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis dan menjelaskan representasi Teman Tuli sebagai model iklan dengan menggunakan analisis semiotika makna pesan verbal dan non-verbal pada iklan Pond’s Bright Beauty Serum “Wajahmu Kekuatanmu”. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis semiotika Charles Sanders Peirce. Hasil penelitian menunjukkan bahwa representasi Teman Tuli dalam iklan produk kecantikan, merupakan sebuah ideologi baru mengenai kecantikan. Kecantikan sesungguhnya terletak pada kemampuan untuk menguasai diri dan mengontrol emosi. Perempuan cantik juga adalah ia yang dapat menemukan makna cantiknya, menjadi diri sendiri,  memiliki kepercayaan diri, mencintai keaslian dalam diri, serta teguh dalam pendirian.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPI

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

JURNAL PEWARTA INDONESIA adalah Open Journal berkala ilmiah, diterbitkan oleh Pengurus Pusat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) setiap bulan April dan Oktober tahun berjalan. Jurnal ini dikelola dengan prinsip peer-reviewed dan merupakan wadah bagi para wartawan, peneliti, dosen, serta para ...