JURNAL KEISLAMAN TERATEKS
Vol 8 No 1 (2023): APRIL

ANALISISS PENGARUH VIRAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN BRAND AWARENESS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

NURUL HUDA (STAI MIFTAHUL ULUM TARATE PANDIAN SUMENEP)



Article Info

Publish Date
07 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini untuk menguji dan menjelaskan pengaruh viral marketing terhadap keputusan pembelian dengann brand awareness sebagai variabel intervening. Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Sumenep. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh masyarakat di Kabupaten Sumenep yang mengkonsumsi dan membeli produk mie instan Sedaap serta mengetahui viral marketing dari mie instan Sedaap. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden dengan teknik non probability sampling, khususnya metode purposive sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan metode kuesioner yang penyebarannya dilakukan secara online oleh peneliti dengan bantuan google form. Teknik analisis data yang digunakan adalah path analysis guna menganalisis pola hubungan antar variabel dan mengunakan uji Sobel guna mengetahui peran variabel intervening. Hasil analisis dan pembahasan penelitian ini menemukan bahwa viral marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, viral marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand awareness, brand awareness berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dan brand awareness memediasi pengaruh viral marketing terhadap keputusan pembelian.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

terateks

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Jurnal Islam Terateks yang berfokus pada Ilmu keislaman berisi kajian-kajian keislaman yang meliputi pendidikan Islam, syariah, pemikiran Islam, ekonomi, dan kajian Islam lainnya. Sebagai tempat perantara dalam penulisan karya ilmiah dari peneliti, akademisi, praktisi, mahasiswa, dan dosen. Sebagai ...