EduBase : Journal of Basic Education
Vol 4 No 1 (2023): EduBase : Journal of Basic Education

Gerakan Literasi Sekolah Pada Sekolah Dasar Negeri I Jumapolo Karanganyar

Ani Restuningsih (Universitas Slamet Riyadi Surakarta)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2023

Abstract

Perkembangan pendidikan dari tahun ke tahun selalu meningkat pesat. Di Indonesia untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan konsep baru yaitu kurikulum 13. Salah satu cara yang ditempuh pendidik agar anak-anak dapat menguasai aspek membaca, menulis, dan berhitung dalam melanjutkan ke jenjang sekolah yang lebih tinggi, maka pendidik selalu menekankan dalam kegiatan literasi baik di sekolah maupun di rumah. Berjalannya literasi dalam proses pendidikan diperlukan dukungan dari seluruh stake holder baik Guru, Siswa, Orang tua siswa serta Tenaga kependidikan. Kurangnya kerja sama antar lini akan membuat proses berjalannya literasi sekolah tidak akan maksimal. Di SD Negeri I Jumapolo merupakan salah satu sekolah daerah yang sudah menanamkan gerakan literasi bagi siswa, tetapi dengan latar belakang siswa yang berada didaerah memerlukan bimbingan yang intensif supaya gerakan literasi sekolah sehingga bisa terlaksana dengan maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan GLS di SD Jumapolo. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dan desain studi kasus. Instrument penelitian menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah sudah berjalan secara optimal sehingga memberikan dampak yang positif terhadap minat membaca siswa SD Negeri I Jumapolo, hal ini tercermin dari aktivitas membaca buku bacaan oleh siswa di lingkungan sekolah. Hal pendukung yang membuat GLS berjalan lancar adalah kegiatan membaca 15 menit, peran aktif warga sekolah, pengawasan yang diberikan guru dan lingkungan yang mendukung literasi disekolah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

edubase

Publisher

Subject

Education

Description

EduBase merupakan salah satu portal jurnal yang menyajikan hasil penelitian ilmiah lapangan maupun non lapangan di lingkup pendidikan dasar yang dilakukan oleh praktisi pendidikan seperti guru, dosen, professor maupun mahasiswa. Hasil penelitian ilmiah yang dibahas terkait dengan kajian strategi, ...