Risenologi
Vol. 8 No. 1 (2023): Risenologi

Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Keberhasilan Usaha Industri Kecil Sukses (Studi Kasus IKM Kulit di Perkampungan Industri Kecil/PIK Pulo Gadung Jakarta Timur)

Aam Amaningsih Jumhur (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2023

Abstract

Keberhasilan usaha yang ditunjukkan dari cash flow, omzet, profitabilitas, peran penting pemerintah selama ini belum membuka peluang bagi peningkatan kemampuan institusi industri kecil. Model pendekatan yang sentralistik sangat berpengaruh terhadap pola-pola intervensi yang cenderung birokratis dan tidak fleksibel. Ketidakberhasilan dari pembinaan industri kecil saat ini bisa juga disebabkan oleh ketidaktahuan pihak pembina (pemerintah) terhadap apa yang dibutuhkan oleh industri kecil. Sebagaimana kita ketahui bahwa kebutuhan dari industri kecil tidak semuanya sama, contohnya tidak hanya masalah permodalan yang merupakan penghambat utama pengembangan industri kecil, karena kesulitan industri bukan masalah permodalan saja. Dari permasalahan diatas, sebaiknya program pembinaan industri kecil diarahkan kepada bagaimana industri kecil tersebut mampu mencapai sukses. Pengumpulan data merupakan pencarian data-data perusahaan yang berkaitan dengan tujuan penelitian. Data yang diambil berasal dari Industri Kecil kulit 8 Industri Kecil Maju, 8 Industri Kecil Sedang dan 8 Industri Tidak Maju, semua responden berjumlah 24 buah dari Perkampungan Setelah data-data yang diperlukan dalam penelitian ini terkumpul maka langkah selanjutnya yaitu melakukan pengolahan data. Dalam penelitian ini data yang diperoleh akan diolah dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Berdasarkan pengolahan data diperoleh hasil bahwa score tertinggi adalah Bahan baku dengan skor 2.32. Diikuti oleh Tenaga kerja, modal (2.25), diikuti oleh Pengolahan SDM (1.54); diikuti Manajemen SDM, Organisasi (1.53) dan yang terakhir Jenis Produk; (0.93). Dengan demikian Bahan baku dinyatakan lolos untuk dipilih sebagai Faktor yang berpengaruh terhadap Industri kecil kulit.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

risenologi

Publisher

Subject

Chemistry Education Engineering Mathematics Social Sciences

Description

Risenologi (Jurnal Sains, Teknologi, Sosial, Pendidikan, dan Bahasa) memiliki tujuan untuk meningkatkan kualitas penelitian, membangun inovasi, dan mempromosikan penyebaran luas hasil-hasil penelitian ilmiah yang sistematis dalam bidang multidisiplin yang luas. Jurnal ini menerima artikel dalam ...