Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial Humanitas
Vol. 5 No. 1 (2023): Maret: Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial Humanitas

Zakya Khaerunissa1, Riany Laila Nurwulan2 DAMPAK PELAKSANAAN SOSIALISASI TERHADA PARTISIPASI BERSEKOLAH ANAK TIDAK SEKOLAH (ATS) MELALUI PROGRAM GERAKAN KEMBALI BERSEKOLAH (GKB) DI KABUPATEN BREBES, JAWA TENGAH

Zakya Khaerunissa (UNIVERSITY PASUNDAN BANDUNG)
Riany Laila Nurwulan (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini berjudul Dampak Pelaksanaan Sosialisasi terhadap Partisipasi Bersekolah Anak Tidak Sekolah (ATS) melalui Program Gerakan Kembali Bersekolah (GKB) Di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Penelitian ini merupakan hasil penelitian yang menggambarkan seberapa besar dampak pelaksanaan sosialisasi program Gerakan Kembali Bersekolah (GKB) terhadap partisipasi bersekolah Anak Tidak Sekolah (ATS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menggambarkan pelaksanaan program Gerakan Kembali Bersekolah (GKB), partisipasi bersekolah Anak Tidak Sekolah (ATS) terhadap program Gerakan Kembali Bersekolah (GKB), hambatan dalam pelaksanaan program GKB dan upaya dalam menghadapi hambatan, dan implikasi praktis dan teoritis pekerja sosial dalam menangani Anak Tidak Sekolah (ATS). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi literatur. Pemilihan informan yang digunakan adalah purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan data sekunder dan wawancara mendalam. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis komponensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Dalam pelaksanaan program Gerakan Kembali Bersekolah (GKB) terdapat 3 alur pelaksanaanya, yaitu pendataan, pengembalian, pendampingan dan pemantauan; 2) Dampak program Gerakan Kembali Bersekolah (GKB) yang ada di Kabupaten Brebes memiliki dampak, tetapi belum sepenuhnya berhasil terhadap peningkatan partisipasi bersekolah; 3) Dalam pelaksanaan program GKB terdapat beberapa hambatan, yaitu dari faktor data, faktor kepemerintahan, dan faktor anggaran dana. Adapun upaya yang dilakukan dalam menghadapi hambatan tersebut, yaitu sosialisasi mengenai pentingnya pendidikan; 4) Peran pekerja sosial dalam menangani Anak Tidak Sekolah (ATS) adalah sebagai penghubung, fasilitator, dan motivator.Kata Kunci: Anak Tidak Sekolah (ATS), Program Gerakan Kembali Bersekolah (GKB), Partisipasi Bersekolah

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

humanitas

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial HUMANITASadalah wahana pengembangan kajian bidang kesejahteraan sosial dalam kerangka ilmiah akademik serta dalam kerangka pragmatis terapan. Jurnal Humanitas menerima naskah tulisan yang berisikan hasil penelitian dan studi konseptual. Hasil penelitian berupa ...