Jurnal Abdi Masyarakat Saburai (JAMS)
Vol 4, No 01 (2023): JURNAL ABDI MASYARAKAT SABURAI

PELATIHAN MASYARAKAT SEGALA MIDER DALAM PEMANFATAAN LIMBAH KULIT SINGKONG MENJADI KERIPIK KULIT SINGKONG USAHA RUMAHAN ANEKA (KERIPIK URA)

Tiar Mirnasari (Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai, Lampung)
Kuswarak Kuswarak (Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai, Lampung)
David Ariswandy (Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai, Lampung)
Junaidi Junaidi (Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai, Lampung)



Article Info

Publish Date
01 May 2023

Abstract

Setiap kilogram singkong menghasilkan limbah sebanyak 20 persen kulit singkong, limbah singkong tersebut dapat dengan mudah diperoleh dari industri rumahan yang memiliki bisnis singkong goreng ataupun keripik singkong. Oleh karena itu, tujuan Pengabdian ini adalah memberikan pelatihan pengolahan dan pemasaran dalam pemanfaatan limbah kulit singkong agar memiliki nilai ekonomis yang tinggi pada keripik Usaha Rumahan Aneka (URA). Pengabdian ini dilakukan di kelurahan Segala Mider, Bandar Lampung, Lampung pada bulan November 2022. Sasaran dari kegiatan ini adalah masyarat dan ibu rumah tangga kelurahan Segala Mider, Bandar Lampung, Lampung. Metode yang dilakukan pada pengabdian ini adalah metode pendekatan dan pelatihan. Pelatihan yang dilakukan diawali dengan pemberian materi yang kemudian dilanjutkan dengan pelatihan dari pemateri. Pada akhirnya, kegiatan ini telah mampu mengurangi limbah singkong yang ada pada daerah Bandar Lampung dan dapat meningkatkan pendapatan dengan pemasaran yang inovatif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JAMS

Publisher

Subject

Humanities

Description

JAMS: Jurnal Abdi Masyarakat Saburai, with registered number p-ISSN:2746-5063 (cetak), e-ISSN:2746-5071(online), is a multidiciplinary journal published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai, Lampung. The aim of this journal publication is to ...