Etnomatematika merupakan suatu program yang direncanakan bertujuan untuk menekuni bagaimana peserta didik dapat memahami, mencerna, dan memakai ide matematika yang bisa menyelesaikan permasalahan berkaitan dengan kegiatan keseharian mereka. Peran etnomatematika merupakan pengakuan bahwa terdapat cara yang berbeda dalam melaksanakan matematika dengan memperhatikan pengetahuan matematika secara akademik yang dikembangkan oleh masyarakat dengan melibatkan budaya yang ada. Esensialisme ialah suatu aliran filsafat yang berkontribusi,serta menghendaki terdapatnya budaya dalam pendidikan matematika. Aliran esensialisme ini berpendapat bahwa pembelajaran wajib didasarkan oleh nilai kebudayaan yang sudah terdapat dari peradaban manusia dahulunya. Filsafat esensialisme menekankan agar tidak terbentuknya proses pembelajaran yang kaku, tetapi menuju kepada kemajuan Ilmu pengetahuan yang bermakna dengan memperhatikan kebudayaan dan nilai budaya yang merupakan prinsip dalam kehidupan. Tujuan dalam penulisan ini adalah untuk mengetahui hubungan dan implementasi filsafat pendidikan esensialisme dengan etnomatematika. Artikel ini menggunakan metode studi literatur.Data dalam penelitian inidiperoleh dari hasil riset terdahulu yang terdapat dalam buku, jurnal, serta prosiding yang mempunyai keterkaitan erat dengan judul penelitian. Hasil penelitian menemukan bahwa pemikiran aliran esensialisme sangat berhubungan dengan etnomatematika. Aliranesensialisme Sangat berkontribusi dalam perkembangan, serta kemajuan dalam pelaksanaan etnomatematika di sekolah.
Copyrights © 2023