Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan kognitif dan keterampilan proses sains materi sistem peredaran darah pada kelas VIII SMP Negeri 1 Pancur Batu Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian menggunakan quasi eksperimen dengan desain Pretest and Posttest Control Group Design. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII-4 (Kelas Eksperimen) dengan model pembelajaran PBL dan kelas VIII-7 (Kelas Kontrol) menggunakan model pembelajaran langsung. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan observasi. Data dianalisis dengan menguji hipotesis menggunakan Independent Sample t-test. Data pretest dan posttest menunjukkan peningkatan kemampuan kognitif berdasarkan N-Gain. Peningkatan kemampuan kognitif kelas eksperimen yaitu 71% dan kelas kontrol yaitu 58% Data persentase akhir keterampilan proses sains kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing adalah 79,94% dan 69,56%. Berdasarkan uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan kognitif dan keterampilan proses sains pada materi sistem peredaran darah kognitif kelas VIII SMP Negeri 1 Pancur Batu Tahun Pelajaran 2022/2023.
Copyrights © 2023