Jurnal Tadris IPA Indonesia
Vol. 3 No. 1 (2023)

Analisis Kemampuan Argumentasi Peserta Didik dalam Menyelesaikan Masalah Berbasis Isu Sosiosaintifik

Anggara Bima (IAIN Ponorogo)
Hanin Niswatul Fauziah (IAIN Ponorogo)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan argumentasi peserta didik dalam menyelesaikan masalah berbasis isu sosisosaintifik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan tes lisan dan wawancara. Subyek penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII A MTs Muhammadiyah 3 Yanggong yang berjumlah 6 siswa dan guru mata pelajaran IPA, analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Data hasil tes lisan dan wawancara dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian diketahui bahwa kemampuan argumentasi peserta didik dalam menyelesaikan masalah berbasis isu sosiosaintifik berada pada tiga kategori, yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Peserta didik yang memiliki kemampuan argumentasi tinggi ada 1, karena dapat menghubungkan 4 indikator kemampuan argumentasi dengan sempurna. Peserta didik yang memiliki kemampuan argumentasi sedang ada 3, peserta didik sudah bisa menghubungkan antara claim, ground, dan backing tetapi pada indikator warrant peserta didik kurang dapat menghubungkan dengan konsep sains. Peserta didik yang memiliki kemampuan argumentasi rendah ada 2, pada indikator claim peserta didik sudah mampu memberikan pernyataan, tetapi peserta didik tidak memberikan kesimpulan dan pada indikator warrant peserta didik tidak menghubungkan dengan konsep sains.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jtii

Publisher

Subject

Chemistry Education Environmental Science Physics Social Sciences

Description

Jurnal Tadris IPA Indonesia diterbitkan oleh Tadris IPA, Fakultas Pendidikan dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo sebagai media untuk meningkatkan kreativitas guru (khususnya guru IPA), dosen, akademisi, dan praktisi yang berkaitan dengan penelitian dan pengabdian ...