Generasi muda penerus bangsa ini harus dibekali dengan pengetahuan membaca Al-Qur’an. Membaca Al-Qur’an merupakan suatu kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh setiap orang beragama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi guru Al-Qur’an Hadits dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an pada siswa kelas VII, untuk mengetahui apa saja faktor yang pendukung dan penghambat strategi guru Al-Qur’an Hadits dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an pada siswa kelas VII dan untuk mengetahui faktor apa saja penyebab siswa mengalami kesulitan membaca Al-Qur’an pada siswa kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah pertama, Strategi guru Al-Qur’an Hadits dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an antara lain: pengamatan, pendekatan, memberikan motivasi, mengajar serta membiasakan dan menyarankan kepada orang tua siswa untuk belajar mengaji dirumah. Kedua, faktor pendukung strategi guru Al-Qur’an Hadits antara lain: adanya sarana musholla sebagai oprasional kegiatan membaca Al-Qur’an, adanya kesadaran siswa, adanya kemauan siswa, dan faktor penghambat strategi guru Al-Qur’an Hadits antara lain: rendahnya minat dan motivasi siswa, dan faktor keluarga. Ketiga, faktor penyebab kesulitan membaca Al-Qur’an pada siswa kelas VII antara lain: faktor peserta didik (kurangnya kemampuan dasar yang dimiliki peserta didik, kurangnya motivasi peserta didik), faktor madrasah dan faktor guru
Copyrights © 2023