Kegiatan membaca sangat penting dan sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia sehingga harus ditanamkan sejak dini. Sehingga untuk meningkatkan minat baca anak, pemerintah dan para guru berupaya untuk membuat perpustakaan sebagai tempat pendalaman ilmu dan minat baca bagi anak dengan berbagai program-program peningkatan minat baca anak. Penelitian ini membahas tentang program-program unggulan para guru dalam meningkatkan minat baca bagi anak, dan juga untuk mengetahui factor penghambat dan pendukung peningkatan minat baca pada anak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif melalui model analisisis dari Connaway dan Powell (2010). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketidak berhasilan program dalam meningkatkan minat baca anak dikarenakan kurangnya pendukung yang maksimal. Baik dalam segi motivasi belajar, mempromosikan ruang baca anak, fasilitas, layanan maupun mempromosikan program-program yang ada di dalamnya
Copyrights © 2023