Journal of Information Technology Ampera
Vol. 4 No. 1 (2023): Journal of Information Technology Ampera

Sistem Informasi Manajemen Pendaftaran Dan Penilaian Siswa SDIT Umar Bin Khathab Kudus Berbasis Web Responsive Dengan Notifikasi Whatsapp

Zuyyina Syarifa Yahya (Univesitas Muria Kudus, Kudus)
Nanik Susanti (Univesitas Muria Kudus, Kudus)
Pratomo Setiaji (Univesitas Muria Kudus)
Noor Latifah (Univesitas Muria Kudus)
Yudie Irawan (Univesitas Muria Kudus)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2023

Abstract

Pendaftaran siswa baru di sekolah masih dilakukan secara konvensional, yang memerlukan wali siswa untuk mengisi formulir pendaftaran dan bagian administrasi untuk mencatat pendaftaran tersebut. Saat menilai siswa, guru masih mencatat nilai langsung di buku, yang rawan hilang atau tercampur dengan dokumen lain. Dalam pembuatan raport, staf guru menulis ulang dan mengumpulkan nilai, yang sering mengalami kesalahan penulisan atau penghitungan. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan sistem manajemen web yang dapat mengelola pendaftaran siswa baru dan nilai siswa untuk mengurangi risiko kehilangan data. Metode yang digunakan adalah metode Waterfall, meliputi definisi analisis, perancangan perangkat, implementasi dan pengujian unit, pengujian integrasi sistem, dan pengujian sistem. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara dengan staf sekolah. Hasil penelitian ini adalah aplikasi Sistem Informasi Manajemen Pendaftaran dan Penilaian Siswa SDIT Umar Bin Khathab Kudus, yang dirancang dengan menggunakan framework CodeIgniter 3, MySQL sebagai database, dan bahasa pemrograman PHP7. Aplikasi ini memungkinkan pengelolaan pendaftaran dan penilaian siswa dengan basis web dan notifikasi WhatsApp.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

journal-ita

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Journal of Information Technology Ampera (Journal-ITA) is an online journal that organized and managed independently by the consortium of informatics lecturers. Journal-ITA is an open-access journal that is provided for researchers, lecturers, and students who will publish research results in the ...