Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha
Vol. 11 No. 1 (2023)

Pengembangan Modul Praktikum Pada Trainer AC Split Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa Di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Undiksha: Pengembangan Modul Praktikum Pada Trainer AC Split Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa Di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Undiksha

Arif Trihartanto (Universitas Pendidikan Ganesha)
Edy Agus Juny Artha (Unknown)
Ketut Gunawan (Unknown)
Ketut Dharma Yuliawan (Unknown)
Kadek Sutrisna (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2023

Abstract

Pada penelitian sebelumnya, telah berhasil dibuat sebuah alat peraga atau trainer Air Conditioning (AC) split di Laboratorium Teknik Pendingin Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Undiksha. Penelitian kali ini merupakan pengembangan modul tranier tersebut yang digunakan untuk memudahkan mahasiswa belajar secara mandiri, sebelum mendapat arahan dari teknisi laboratorium atau dosen terhadap praktikum yang akan dilaksanakan dan cara penggunaan trainer. Tujuan penelitian adalah untuk menghasilkan modul praktikum yang memiliki kualitas baik yang akan digunakan pada mata kuliah Praktikum Teknik Pendingin, dan praktikum yang melibatkan AC split. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) model pengembangan ADDIE, yaitu model penelitian dan pengembangan dengan lima tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Undiksha. Luaran yang dihasilkan berupa modul praktikum yang dapat dibaca oleh masiswa di laboratorium dan perpustakaan program studi. Penilaian modul praktikum yang dikembangkan ditunjukkan dengan validasi dari ahli materi, ahli media, dan uji coba pada mahasiswa. Dari validasi dua ahli materi memperoleh skor rata-rata 52,5 atau 87,5%. Validasi ahli dua ahli media memperoleh skor rata-rata 55,5 atau 92,5%, dan ujicoba mahasiswa kelompok keci memperoleh skor rata-rata 297 atau 90%, dan kelompok besar dengan skor rata-rata 853 atau 86,16% dengan kategori semua skor tersebut adalah sangat layak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa modul praktikum trainer AC split ini dapat diterima oleh mahasiswa dengan kriteria sangat layak untuk digunakan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPTM

Publisher

Subject

Automotive Engineering Education Engineering Industrial & Manufacturing Engineering Mechanical Engineering

Description

Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik dan Kejuruan, Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dan hasil pengabdian masyarakat dibidang pendidikan dan ...