Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia
Vol 3 No 2 (2023): JAMSI - Maret 2023

Pelatihan Canva untuk Mendukung Presentasi Karyawan Institut Teknologi Kalimantan

I Putu Deny Arthawan Sugih Prabowo (Sistem Informasi, Jurusan Matematika dan Teknologi Informasi, Institut Teknologi Kalimantan, Indonesia)
Arini Anestesia Purba (Teknik Industri, Jurusan Teknologi Industri dan Proses, Institut Teknologi Kalimantan, Indonesia)
Putri Gesan Prabawa Anwar (Teknik Logistik, Jurusan Teknologi Industri dan Proses, Institut Teknologi Kalimantan, Indonesia)
Hijriah Hijriah (Teknik Sipil, Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan, Institut Teknologi Kalimantan, Indonesia)
Rizka Lestari (Teknik Kimia, Jurusan Teknologi Industri dan Proses, Institut Teknologi Kalimantan, Indonesia)
Rizka Ayu Yuniar (Teknik Kimia, Jurusan Teknologi Industri dan Proses, Institut Teknologi Kalimantan, Indonesia)



Article Info

Publish Date
11 Mar 2023

Abstract

Keterampilan presentasi karyawan ialah penting dimiliki oleh setiap karyawan di perusahaan atau instansi manapun, termasuk para tenaga kependidikan (staf) di Institut Teknologi Kalimantan (ITK). Keterampilan presentasi karyawan merupakan suatu kebutuhan penting dalam meningkatkan kinerja karyawan dari setiap divisi atau bagian organisasi (perusahaan atau instansi). Presentasi digunakan untuk memberi rangkuman dari setiap aktivitas bisnis organisasi. Salah satu aplikasi yang digunakan untuk membuat materi dan menyajikan materi presentasi yang menarik ialah Canva. Canva merupakan aplikasi yang sangat diminati oleh kalangan praktisi atau karyawan dengan fitur yang terdiri dari berbagai template menarik sehingga hal ini dapat meningkatkan daya tarik para penyimak pada presentasi yang disampaikan oleh penyaji tersebut. Karyawan di Institut Teknologi Kalimantan hanya sekitar 30% yang dapat menggunakan aplikasi Canva. Hal ini yang menjadi dasar kegiatan pengabdian masyarakat berupa peningkatan kompetensi penggunaan Canva untuk mendukung presentasi karyawan. Metode Pelatihan ini dilakukan dengan beberapa tahapan Persiapan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Kompetensi. Hasil dari pelatihan ini dapat meningkatkan kompetensi Karyawan Institut Teknologi Kalimantan menjadi 80%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jamsi

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Public Health

Description

Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI) adalah jurnal nasional yang berisi hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya pendidikan, teknik, pertanian, sosial humaniora, komputer dan kesehatan. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI) ...