Langit Biru: Jurnal Ilmiah Aviasi
Vol 13 No 02 (2020): Langit Biru: Jurnal Ilmiah Aviasi Vol.13 No.2 [Juni 2020]

ANALISIS COOLING LOAD RUANG MAKAN TARUNA ASRAMA CURUG I SEKOLAH TINGGI PENERBANGAN INDONESIA

Lutfia Primastri (Unknown)
Zulina Kurniawati (Unknown)
Imam Hariyadi Wibowo (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2020

Abstract

B.indonesia Ruang Makan Taruna merupakan salah satu fasilitas yang terdapat di Polteknik Penerbangan Indonesia Curug. Di Asrama Curug I , ruang makan yang digunakan sejumlah dua buah. Ruang makan taruna 1 digunakan oleh taruna senior dan ruang makan taruna 2 digunakan oleh taruna junior. Ruang makan taruna 1 memiliki kapasitas daya tampung hingga 302 taruna dalam waktu sekali makan, sedangkan ruang makan taruna 2 memiliki daya tampung sebanyak 386. Pada kedua ruang makan tersebut belum terpasang alat pengkondisian udara. Pengkondisian udara merupakan usaha untuk memberikan kenyamanan dan kesegaran bagi si pengguna ruangan. Pengkondisi udara diperlukan untuk menyerap kalor yang dihasilkan baik dari dalam ruangan maupun dari luar ruangan untuk menciptakan kenyamanan pada ruang tersebut. Metode yang digunakan untuk melakukan perhitungan beban adalah Metode Cooling Load Temperature Different (CLTD). Metode CLTD adalah prosedur manual untuk mengukur beban pendinginan melalui perolehan panas radiasi, konduksi matahari, beban internal, dan beban eksternal. B.English The Cadets’ Dining Room is one of the facilities at the Indonesia Aviation Polytechnics-Curug. There are two dining rooms at Curug I dormitory. The cadets’ dining room 1 is used by senior cadets and the cadet's dining room 2 is used by junior cadets. The cadet dining room 1 has a capacity of up to 302 cadets, while the cadet 2 dining room has a capacity of 386 cadets. In both dining rooms, air conditioning devices are not yet installed. Air conditioning is an attempt to provide comfort and freshness to the user of the room. Air conditioners are needed to absorb heat generated both indoors and from outside the room to create comfort in the space. The method used to perform load calculations is the Cooling Load Temperature Difference (CLTD). CLTD method is a manual procedure to measure cooling loads through the acquisition of radiation heat, solar conduction, internal loads, and external loads.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jurnal-ilmiah-aviasi

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Engineering Environmental Science Transportation

Description

1. Flight Operation a) Pilot performance b) Flight Operation Officer performance c) Aerodynamics d) delays, aircraf changes and operational limitation e) flight deck 2. Aircraft Maintenance a) Aircraft Maintenance b) Aircraft Maintenance Engineering c) Maintenance, Repair, and Overhaul Industri 3. ...