Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pemahaman zakat, pendapatan, dan altruisme terhadap kepatuhan pengusaha muslim untuk membayar zakat perniagaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan teknik nonprobability sampling sebanyak 99 responden. Pemahaman zakat, pendapatan, dan altruisme memiliki kontribusi sebesar 85% terhadap kepatuhan pengusaha muslim membayar zakat perniagaan, sedangkan sisanya 15% dijelaskan oleh variabel lainnya di luar model penelitian ini. Hasil dari uji t disimpulkan bahwa variabel pemahaman zakat, pendapatan, dan altruisme berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan pengusaha muslim untuk membayar zakat perniagaan di Kabupaten Labuhanbatu Utara. Berdasarkan uji ANOVA, F-hitung diperoleh sebesar 179.653 lebih besar dari F-tabel (2.700), disimpulkan bahwa pemahaman zakat, pendapatan, dan altruisme berpengaruh secara simultan terhadap kepatuhan pengusaha muslim untuk membayar zakat perniagaan.
Copyrights © 2023