Sibatik Journal : Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan
Vol. 2 No. 4 (2023): March

PENGARUH PEMAHAMAN ZAKAT, PENDAPATAN, DAN ALTRUISME TERHADAP KEPATUHAN PENGUSAHA MUSLIM UNTUK MEMBAYAR ZAKAT PERNIAGAAN (STUDI UMKM DI KAB. LABUHANBATU UTARA)

Ayu Wulandari S Tanjung (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Tuti Anggraini (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Rahmi Syahriza (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pemahaman zakat, pendapatan, dan altruisme terhadap kepatuhan pengusaha muslim untuk membayar zakat perniagaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan teknik nonprobability sampling sebanyak 99 responden. Pemahaman zakat, pendapatan, dan altruisme memiliki kontribusi sebesar 85% terhadap kepatuhan pengusaha muslim membayar zakat perniagaan, sedangkan sisanya 15% dijelaskan oleh variabel lainnya di luar model penelitian ini. Hasil dari uji t disimpulkan bahwa variabel pemahaman zakat, pendapatan, dan altruisme berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan pengusaha muslim untuk membayar zakat perniagaan di Kabupaten Labuhanbatu Utara. Berdasarkan uji ANOVA, F-hitung diperoleh sebesar 179.653 lebih besar dari F-tabel (2.700), disimpulkan bahwa pemahaman zakat, pendapatan, dan altruisme berpengaruh secara simultan terhadap kepatuhan pengusaha muslim untuk membayar zakat perniagaan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

SIBATIK

Publisher

Subject

Arts Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

SIBATIK JOURNAL merupakan jurnal ilmiah populer bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, dan Pendidikan yang terbit setiap bulan. SIBATIK JOURNAL menerima naskah hasil penelitian dan hasil kajian yang memunculkan gagasan-gagasan ilmiah dan aktual di bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, dan ...