Serat Acitya
Vol 4, No 2 (2015): Perjuangan untuk Perbaikan

MEMBANGUN KEUNGGULAN BERSAING PRODUK MELALUI ORIENTASI PEMBELAJARAN , ORIENTASI PASAR DAN INOVASI PRODUK (Studi empiris pada industry pakaian jadi skala kecil dan menengah di kota Semarang)

Gita Sugiyarti (UNTAG Semarang)



Article Info

Publish Date
11 Sep 2015

Abstract

Tujuan utama studi ini adalah mengembangkan sebuah model konseptual keunggulan bersaing.Target khusus studi ini menguji secara empirik pengaruh orientasi pembelajaran terhadap keunggulan bersaing, pengaruh orientasi pasar terhadap keunggulan bersaing, dan pengaruh inovasi produk terhadap keunggulan bersaing. Teknik sampling berdasarkan purposive sampling, Sampel yang digunakan adalah 72 industri pakaian jadi skala kecil dan menengah. Data yang diperoleh dalam penelitian ini didapat dengan cara wawancara. Pengumpulan data dengan menggunakan kombinasi pertanyaan terbuka dan pertanyaan tertutup, yang diberikan kepada responden. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan teknik menggunakan SPSS 20.0 Temuan teoritis dalam studi ini adalah memperkaya literatur menciptakan keunggulan bersaing. Sedangkan temuan manajerial dalam studi ini adalah orientasi pembelajaran , orientasi pasar dan inovasi produk berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing. Kata Kunci : orientasi pembelajaran, orientasi pasar, inovasi produk dan keunggulan bersaing.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

sa

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Industrial & Manufacturing Engineering Social Sciences

Description

Jurnal ini dikembangkan dari mulai terbit tahun 2012. Jurnal Ilmiah ini mempublikasikan naskah hasil penelitian lapangan atau penelitian pustaka yang berkaitan dengan bidang ilmu manajemen dan akuntansi. Ruang lingkup publikasi antara lain: Akuntansi Manajemen Akuntansi Keperilakuan Akuntansi ...