Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap minat dan hasil belajar biologi pada peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Sukawati tahun pelajaran 2019/2020.Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI MIPA 3 sebagai kelompok eksperimen dengan 36 peserta didik dan kelas XI MIPA 5 sebagai kelompok kontrol dengan 36 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara random sampling. Data dikumpulkan dengan metode kuesioner dan tes, dan analisis data menggunakan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada perbedaan hasil belajar biologi peserta didik antara yang mengikuti model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dengan yang mengikuti model pembelajaran Konvensional pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Sukawati tahun pelajaran 2019/2020. Dan pada hipotesis ketiga diperoleh nilai signifikan 0,00 < 0,050 maka, ada perbedaan secara simultan pada minat belajar dan hasil belajar biologi peserta didik antara yang mengikuti model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dengan yang mengikuti model pembelajaran Konvensional pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Sukawati tahun pelajaran 2019/2020. Sehingga dapat dinyatakan bahwa, ada pengaruh penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap minat dan hasil belajar biologi pada peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Sukawati tahun pelajaran 2019/2020.
Copyrights © 2023