Penelitian ini bertujuan untuk memperluas aktivitas belajar dan menulis pada anak dengan cara menggunakan teknik memanfaatkan puisi dan cerita pendek. Metode yang digunakan adalah penelitian gerak, dimana seorang guru membacakan puisi dan cerpen kepada remaja dan memberi mereka kesempatan untuk menulis puisi dan cerpen mereka sendiri. Setelah empat siklus tindakan, efeknya menunjukkan peningkatan yang sangat besar dalam aktivitas anak-anak dalam membaca dan menulis. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan metode PKM dalam menumbuhkan minat anak dalam membaca dan menulis. Teknik yang digunakan adalah bentuk penyuluhan dengan terlebih dahulu menjelaskan betapa pentingnya membaca dan menulis. PKM ini memanfaatkan teknik ceramah dan tanya jawab. Subjek pencarian terdiri dari anak-anak berusia 7—9 tahun yang tak terhitung jumlahnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik PKM sangat luar biasa dalam menumbuhkan aktivitas anak dalam menganalisis dan menulis. catatan menemukan bahwa para peserta memiliki peningkatan besar dalam hobi dalam menganalisis dan menulis. Selain itu, pengaruh PKM dulu juga terlihat pada peningkatan kemampuan bahasa dan analisis anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PKM dapat menjadi teknik alternatif yang bagus dan menarik dalam meningkatkan aktivitas anak dalam belajar dan menulis.
Copyrights © 2023