Latar Belakang: Banyaknya pandangan masyarakat yang menganggap pendidikan seksualitas adalah hal yang tabu, membuat orang tua tidak mengajarkan pendidikan seksualitas untuk anaknya. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan tingkat pendidikan, pengetahuan dan pengalaman mendapat pendidikan seksualitas dengan persepsi orang tua mengenai pendidikan seksualitas pada anak usia sekolah dasar di Desa Karangnongko, Kecamatan Karangnongko, Klaten. Metode: Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian ini berjumlah 109 responden yang dipilih dengan menggunakan teknik Proportional Random Sampling. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner dengan uji statistik menggunakan uji chi-square. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara tingkat pendidikan (p = 0,032) dan pengetahuan (p = < 0,001) dengan dengan persepsi orang tua mengenai pendidikan seksualitas pada anak usia sekolah dasar. Tidak ada hubungan antara pengalaman mendapat pendidikan seksualitas (p = 0,205) dengan persepsi orang tua mengenai pendidikan seksualitas pada anak usia sekolah dasar di Desa Karangnongko, Kecamatan Karangnongko, Klaten. Kesimpulan: Orang tua harus menghilangkan persepsi negatif terhadap pendidikan seksualitas pada anak usia sekolah dasar yang mana dapat dijadikan sebagai pengetahuan, pengenalan, pembelajaran yang sehat dan anak mampu menjaga diri pada saat anak telah tumbuh remaja nanti.
Copyrights © 2022