Hasil belajar siswa belum maksimal, sebelum diterapkannya model pembelajaran yang inovatif. Sebenarnya di sekolah ini sudah tersedia LCD sebagai media pembelajaran dengan jumlah yang cukup memadai, hanya saja tidak semua guru memanfaatkan LCD tersebut untuk mengajar di kelas. Adapun tujuan penelitian adalah untuk menganalisis penerapan Problem-based Learning (PBL) berbasis media PowerPoint terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA (SLUA) Saraswati 1 Denpasar. Populasi adalah seluruh siswa kelas X, dengan pengambilan sampel secara simple random sampling. Hasil belajar dianalisis dengan uji T-test. Hasil penelitian menunjukkan pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol, didapatkan hasil belajar yang berbeda. Hasil belajar di uji dengan T-test, dimana didapatkan nilai yang signifikan (p=0,000<0,01). Simpulan penelitian adalah bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis PowerPoint dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Copyrights © 2023