Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP)
Vol. 13 No. 1 (2023): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP)

PENERAPAN PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) BERBASIS POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

I Made Diarta (Universitas Mahasaraswati Denpasar)
Desak Nyoman Budiningsih (Universitas Mahasaraswati Denpasar)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2023

Abstract

Hasil belajar siswa belum maksimal, sebelum diterapkannya model pembelajaran yang inovatif.  Sebenarnya di sekolah ini sudah tersedia LCD sebagai media pembelajaran dengan jumlah yang cukup memadai, hanya saja tidak semua guru memanfaatkan LCD tersebut untuk mengajar di kelas. Adapun tujuan penelitian adalah untuk menganalisis  penerapan  Problem-based Learning (PBL) berbasis media PowerPoint terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA (SLUA) Saraswati 1 Denpasar. Populasi adalah seluruh siswa kelas X, dengan pengambilan sampel secara simple random sampling. Hasil belajar dianalisis dengan uji T-test. Hasil penelitian menunjukkan pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol, didapatkan hasil belajar yang berbeda. Hasil belajar di uji dengan  T-test, dimana didapatkan nilai yang signifikan (p=0,000<0,01). Simpulan penelitian adalah bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis PowerPoint dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JSP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) adalah jurnal yang memuat publikasi berupa hasil penelitian dan kajian pustaka dalam bidang pendidikan. JSP diterbitkan sejak Januari 2011 oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar. JSP terbit dua kali setahun pada bulan Januari, ...