Jurnal Edukasi Khatulistiwa : Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 5, No 2 (2022): Oktober 2022

MINAT BACA SISWA SD KELAS TINGGI DI MASA PEMBELAJARAN DARING

Feby Dita Pujianti (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
24 Oct 2022

Abstract

Membaca merupakan aspek dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam dunia pendidikan. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mengetahui seberapa jauh minat baca pada siswa. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian kuantitatif berupa metode survei dengan teknik pengumpulan data berupa angket. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas tinggi (IV, V, VI) yang berjumlah 15 orang. Objek dalam penelitian ini adalah minat membaca pada siswa. Hasil analisis berdasarkan angket dapat diperoleh bahwa minat baca siswa kelas tinggi (IV, V, VI) relatif sedang. Faktor yang mempengaruhi yaitu adanya pandemi membuat siswa jenuh dengan pembelajaran daring, kurangnya pemahaman belajar siswa, serta kurang efektifnya pembelajaran daring terhadap minat baca siswa. Pengaruh lingkungan serta pengaruh teknologi secara tidak langsung mempengaruhi minat baca siswa. Untuk pengembangan sikap minat baca siswa perlu adanya kerja sama antara orang tua dan guru, sehingga membaca bukan sekedar membaca tetapi juga memahami isi bacaan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpbsi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Edukasi Khatulistiwa : Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia contains the results of scientific works in the form of research results and studies of scientist, scholar, and teacher from language and literature filed. this journal is published twice a year in October and April in indonesian ...