AL-AF'IDAH: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Pengajarannya
Vol 7 No 1 (2023): Maret

Strategi Pembelajaran Bahasa Arab dengan Pendekatan CTL di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Lombok Timur

Suparmanto Suparmanto (Universitas Islam Negeri Mataram)
Ahmad Margani (Universitas Islam Negeri Mataram)
Abdul gafur (Universitas Islam Negeri Mataram)
Ratna Komalasari (Universitas Islam Negeri Mataram)
Nida Zahratul Khairo (Universitas Islam Negeri Mataram)



Article Info

Publish Date
23 Mar 2023

Abstract

Pembelajaran bahasa arab merupakan suatu pembelajaran yang harus diajarakan atau ditanamkan dalam diri peserta didik. bahkan pembelajaran harus sudah ditanamkan dari sejak kecil oleh orang tua maupun guru. Akan tetapi bayak dari peserta didik ketika mengaplikasikan teori yang sudah di dapat seketika menjadi kaku. Oleh sebab itu munculah konsep belajar dengan pendekatan Contectual teaching and learning (CTL), pendekatan tersebut lebih memfokuskan teori dengan konteks keadaan yang ada, sehingga dalam proses pembelajarannya selain peserta didik mengetahui teori juga mampu mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) yaitu untuk menumbuhkan gairah semangat siswa dalam belajar sehingga tercipta suasana pembeljajaran yang lebih mendukung. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu deskrptif kualitatif, yang hanya fokus penjabarannya berupa kata-kata dan fakta yang terjadi sesuai pengalaman yang dialami oleh penelit. Hasil dari penelitian ini yaitu diharapkan metode CTL ini dapat menuntut kreatifitas guru alam mengaitkan matter dengan kehidupan nyata siswa untuk membantu siswa agar lebih mudah memaknai materi tersebut Oleh karena itu metode CTL ini , dapat digunakan dikalangan siswa untuk menumbuh kembangkan pembelajaran supaya lebih maksimal

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

afidah

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Al-AfIdah ialah jurnal pendidikan dan pengajaran bahasa Arab yang berkonsentrasi pada kajian kebahasaan dan pengajaran. Jurnal ini sebagai media pengembangan keilmuan di tingkat prodi pendidikan bahasa Arab yang diterbitkan dua kali dalam setahun. Sebagai jurnal Pendidikan dan pengajaran Bahasa Arab ...