Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia
Vol 3 No 2 (2023): JPMI - April 2023

Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Mendukung Perkembangan UMKM (Nyong Group)

Irfan pratama (Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Mercu Buana Yogyakarta)
Ozzi Suria (Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Mercu Buana Yogyakarta)
Albert Yakobus Chandra (Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Mercu Buana Yogyakarta)
Putri Taqwa Prasetyaningrum (Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Mercu Buana Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
12 Apr 2023

Abstract

Tantangan yang dihadapi pelaku UMKM terkait teknologi adalah pemahaman atau pengetahuan mereka tentang teknologi, hingga pemanfaatan teknologi yang dapat bermanfaat bagi perkembangan bisnis mereka. Dari sisi teknologi informasi, pertumbuhan data secara digital menjadi sangat masif. Dari aspek sederhana seperti pencatatan penjualan ataupun platform perdagangan pun saat ini sudah beralih ke model digital. Itu artinya, setiap apapun yang tercatat akan tersimpan dan dapat kemudian digunakan untuk kepentingan kemajuan usaha. Data tersebut dapat diolah menjadi informasi dan kemudian dapat menjadi pengetahuan bagi pelaku bisnis dalam menentukan perencanaan strategis mereka. Dari permasalahan yang telah dikemukakan sebelumnya, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan terhadap mitra terkait potensi dari data-data yang telah mereka miliki dan memberikan edukasi terkait bagaimana cara data tersebut dapat diolah untuk kepentingan kemajuan bisnis mereka. Dari kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa awalnya mitra belum memahami terkait pemanfaatan data yang dapat menjadi nilai tambah bagi bisnis mereka jika mereka mengolah data-data tersebut. Ditunjukan dari perubahan grafik yang diukur menggunakan kuisioner sederhana sebelum dan sesudah kegiatan diskusi. Kemampuan dasar penggunaan teknologi dari mitra sudah cukup baik. Namun belum pernah menggunakan piranti yang digunakan pada pelatihan yang diikuti. Sehingga terjadi peningkatan pemahaman secara teknis maupun teoritis dari mitra.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpmi

Publisher

Subject

Humanities Education Engineering Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPMI) adalah jurnal nasional yang berisi hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya pendidikan, teknik, pertanian, sosial humaniora, komputer dan kesehatan. JPMI terbit dua bulan sekali, yaitu ...