Griya Journal of Mathematics Education and Application
Vol. 3 No. 1 (2023): Maret 2023

Efektivitas Model Pembelajaran Direct Instruction terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa

Mawaddah Mawaddah (STKIP Darud Da’wah wal Irsyad Pinrang)
Jumrah Nur (STKIP Darud Da'wah wal Irsyad Pinrang)
Andi Kamal Ahmad (STKIP Darud Da’wah wal Irsyad Pinrang)
Indahwaty Indahwaty (Institut Cokroaminoto Pinrang)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajara matematika melalui model pembelajaran Direct Intruction di Madrasah Aliyah Negeri Pinrang. Masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol melalui model pengajaran direct instruction. Model pengajaran Direct Instruction memberikan kesempatan siswa belajar dengan mengamati secara selektif, mengingat dan menirukan apa yang dimodelkan gurunya. Hasil belajar matematika peserta didik yang diajar dengan pembelajaran Direct Instruction lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar peserta didik yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan data yang diperoleh, rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen adalah 77,774 sedangkan rata-rata hasil belajar peserta didik kelas kontrol adalah 70,194. Oleh karena itu jelas adanya perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Griya

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Griya Journal of Mathematics Education and Application adalah Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika yang dikelola oleh Program Studi S1 Pendidikan Matematika Universitas Mataram. Fokus dan ruang lingkup dari jurnal ini adalah artikel ilmiah baik berupa hasil penelitian, review artikel maupun ...