Jurnal Cakrawala Ilmiah
Vol. 2 No. 8: April 2023

DAMPAK STRATEGI PEMASARAN DIGITAL TERHADAP TREN TRANSAKSI ONLINE MELALUI MEDIA SOSIAL PASCA COVID-19 PADA UMKM DI JEPARA

Ahmad Aufar Ribhi (Institut Teknologi Sains dan Kesehatan Sugeng Hartono Perairan/Universitas Satya Wiyata Mandala)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2023

Abstract

Penggunaan internet di Indonesia meningkat secara signifikan, terutama dalam menggunakan dan memanfaatkan media sosial, seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan WhatsApp. Sehingga pemasaran digital melalui media sosial menjadi semakin penting untuk membantu UMKM untuk tetap bersaing di pasar yang semakin kompetitif dan memperluas jangkauan pasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas strategi pemasaran digital melalui media sosial untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Jepara pasca pandemi COVID-19. Metode penelitian yang digunakan dalam penlitian ini menggunakan metode kualitatif dengan bentuk pendekatan studi kasus. Penekanannya pada perilaku antara pembeli dan pelaku usaha serta interaksi antara keduanya dalam proses transaksi online melalui media sosial. Data dikumpulkan dari pengamatan dengan seksama, dengan mencakup deskripsi dalam konteks yang mendalam disertai dengan catatan hasil wawancara, serta analisis catatan dan dokumen. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwasannya dengan meredanya COVID-19 tidak berdampak signifikan terhadap turunnya permintaan transaksi secara online melalui media sosial.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JCI

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Social Sciences Other

Description

Digitalisasi eknomi menembus batas wilayah negara dan kedaulatan ekonomi yang dapat saja menjadi peluang atau ancaman. Digitalisasi tidak bisa dihindari, tetap permsalahan utamanya adalah bagaimana negara ini harus dapat merumuskan kebijakan agar masyarakat kita jangan hanya menjadi sapi perahan ...