Penggunaan internet di Indonesia meningkat secara signifikan, terutama dalam menggunakan dan memanfaatkan media sosial, seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan WhatsApp. Sehingga pemasaran digital melalui media sosial menjadi semakin penting untuk membantu UMKM untuk tetap bersaing di pasar yang semakin kompetitif dan memperluas jangkauan pasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas strategi pemasaran digital melalui media sosial untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Jepara pasca pandemi COVID-19. Metode penelitian yang digunakan dalam penlitian ini menggunakan metode kualitatif dengan bentuk pendekatan studi kasus. Penekanannya pada perilaku antara pembeli dan pelaku usaha serta interaksi antara keduanya dalam proses transaksi online melalui media sosial. Data dikumpulkan dari pengamatan dengan seksama, dengan mencakup deskripsi dalam konteks yang mendalam disertai dengan catatan hasil wawancara, serta analisis catatan dan dokumen. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwasannya dengan meredanya COVID-19 tidak berdampak signifikan terhadap turunnya permintaan transaksi secara online melalui media sosial.
Copyrights © 2023