ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Vol 13, No 1 (2023): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED

Hypothetical Learning Trajectory Etnomatematika Sate Kenul Khas Nganjuk Dalam Rangka Optimalisasi Aktivitas Belajar Murid Sekolah Dasar

Ananda Wulan Putri Cahyani (Universitas Negeri Surabaya)
Wiryanto Wiryanto (Universitas Negeri Surabaya)
Ika Rahmawati (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2023

Abstract

Inovasi dalam kegiatan belajar menagajar matematika yang dinilai dapat mengoptimalkan aktivitas siswa adalah pembelajaran berbasis Etnomatematika, salah satunya Etnomatematika  Sate Kenul khas Nganjuk. Penelitian ini memiliki beberapa tujuan, diantaranya: (1) mengetahui proses dan hasil implementasi HLT dalam pembelajaran Matematika berbasis Etnomatematika Sate Kenul, (2) mengetahui optimalisasi aktivitas belajar siswa melalui pembelajaran Etnomatematika Sate Kenul. Pendekatan kualitatif dengan Design Based Research (DBR) merupakan metode dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini berupa implementasi HLT khususnya untuk materi bangun ruang dengan menggunakan pendekatan Etnomatematika konteks budaya Sate Kenul. Dari pembelajaran tersebut, didapatkan hasil bahwa terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa.Keywords: Optimalisasi, Etnomatematika, HLT, Sate Kenul

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

elementary

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Article written for the journal includes research result education, learning, and public service at preschool and primary ...