Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika (JEPIN)
Vol 9, No 1 (2023): Volume 9 No 1

Perancangan Game Visual Novel sebagai Alat Ukur Tingkat Social Anxiety Disorder Remaja

Hengky Anra (Universitas Tanjungpura)
Helen Sastypratiwi (Universitas Tanjungpura)
Muslimah Muslimah (Universitas Tanjungpura)



Article Info

Publish Date
26 Apr 2023

Abstract

The Indonesia National Adolescent Mental Health Survey (I-NAMHS) yang bekerja sama dengan Universitas Gadjah Mada Di Indonesia menyatakan 2,45 juta remaja didiagnosis mengalami gangguan jiwa gabungan sosial fobia dan kecemasan umum dalam 12 bulan terakhir. Social Anxiety Disorder atau fobia sosial dapat disebabkan oleh beberapa faktor eksternal dan internal. Kurangnya budaya dalam menormalisasi konseling bersama tenaga kesehatan menyebabkan gangguan ini sulit terdeteksi serta stigma masyarakat yang menyebabkan kegiatan ini semakin dihindari. Meskipun demikian, tak jarang dari mereka memiliki keinginan untuk berkonsultasi dengan profesional meskipun terbatas dalam berbagai hal. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kemungkinan gamifikasi pada dunia kesehatan mental terkhususnya pada bidang Social Anxiety Disorder. Dengan merancang sebuah game visual novel yang berupa game-based assessment dan diharapkan dapat digunakan sebagai alat ukur tingkat social anxiety pada remaja. Metodologi penelitian yang digunakan meliputi tahap perancangan game, pengujian game melalui Skala Likert, dan analisis data hasil pengujian. Hasil utama dari penelitian ini adalah pengembangan game visual novel sebagai alat ukur social anxiety pada remaja yang dapat diimplementasikan pada masa depan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jepin

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika (JEPIN) merupakan peer reviewed journal di bidang informatika. Jurnal ini diterbitkan 3 bulan dalam setahun (April, Agustus, dan Desember) oleh Program Studi Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Tanjungpura, ...