Jurnal Tarombo
Vol 3 No 2 Mei (2021): Jurnal Tarombo

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAYUNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR EKONOMI SISWA DI SMA NEGERI 2 PADANGSIDIMPUAN

Masnauli Rahma Hasibuan (SMA NEGERI 2 PADANGSIDIMPUAN)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untukmeningkatkan aktivitas belajar ekonomi siswa dengan penerapan model pembelajaran course review horaydi Kelas XI SMA Negeri 2 PadangsidimpuanTahun Pelajaran 2020-2021.Penelitianinimenggunakanmetode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem 2 siklus yang terdiri dariperencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.Subjek penelitian adalah siswa kelas XI-2 SMA Negeri 2 Padangsidimpuansebanyak 36 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi partisipasif dan dokumentasi, sedangkan instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman observasi aktivitas belajar Ekonomi siswa. Analisis data kualitatif dilakukan dengan data reduction, data display dan verification. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Course Review Horay dapat meningkatkan aktivitas belajar Ekonomi siswa kelas XI SMA 2 Padangsidmpuan. Hal ini didukung dengan data penelitian yang menunjukkan adanya peningkatan pada aspek-aspek aktivitas belajar siswa yaitu aspek aktivitas visual, aspek aktivitas lisan dan aspek aktivitas menulis. Berdasarkan data hasil observasi, pada siklus I diperoleh rata-rata skor aktivitas belajar Ekonomi siswa sebesar 66,66% dan pada siklus II meningkat menjadi 82,71% dan mengalamai peningkatan sebesar 16,05 %.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

tarombo

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Tarombo : adalah publikasi ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Sejarah Instititut Pendidikan Tapanuli Selatan yang berisi tentang hasil penelitian Sejarah, Pendidikan dan Sosial. Tujuan dari Jurnal ini adalah untuk penyebaran informasi dan publikasi kajian sejarah, ...