JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial
Vol 17 No 1 (2023): APRIL 2023

EVALUASI PROGRAM INDONESIA PINTAR (PIP) MELALUI KARTU INDONESIA PINTAR (KIP) DI MTSN 5 JEMBER TAHUN 2021

Mohammad Dienul Haq (Universitas Jember)
Sukidin Sukidin (Universitas Jember)
Pudjo Suharso (Universitas Jember)



Article Info

Publish Date
26 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan PIP di MTSN 5 Jember tahun 2021 menggunakan model evaluasi CIPP. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif evaluatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumen dan wawancara. Metode analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, keabsahan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi Context sudah sangat sesuai dengan presentase sebesar 100%, hal ini dapat dilihat dari seluruh siswa penerima PIP di MTSN 5 Jember berasal dari keluarga miskin. Evaluasi Input sudah sesuai dengan presentase sebesar 75%, dapat dilihat koordinator PIP sekolah sudah mengikuti sosialisasi dan paham tentang juknis PIP. Namun sekolah tidak menyiapkan sarana dan prasarana khusus untuk pelaksanaan PIP. Evaluasi Process sudah sangat sesuai dengan juknis pelaksanaan dengan presentase sebesar 100%. Evaluasi Product sudah sesuai dengan presentase sebesar 75%, hal ini dapat dibuktikan dengan angka putus sekolah di MTSN 5 Jember sudah turun, kebutuhan penerima PIP sudah terpenuhi, dan siswa penerima dapat melanjutkan pendidikan kejenjang selanjutnya

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPE

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial (JPE), an electronic journal, provides a forum for publishing the original research articles, review articles from contributors, and the novel technology news related to economics education and ...