ABSTRAK. Kecerdasan emosional menjadi salah satu potensi yang harus dimiliki oleh siswa pada jenjang Sekolah Dasar. Saat siswa memiliki kecerdasan emosional yang baik, maka siswa tersebut akan mampu untuk mengenal dirinya, mengolah emosinya, memotivasi dirinya, memiliki sifat empati yang tinggi dan membina hubungan yang baik bersama lingkungannya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, dengan menggunakan desain penelitian one group design pretest posttest untuk mengukur peningkatan kecerdasan emosional siswa setelah menggunakan permainan tradisional ular tangga pada pembelajaran IPA kelas 4 SDN 024 Tarai Bangun. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas 4 SDN 024 Tarai Bangun yang berjumlah 30 orang, 12 laki-laki dan 18 perempuan. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah peningkatan kecerdasan emosional siswa dengan menggunakan permainan tradisional ular tangga. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi untuk mengukur peningkatan dari kecerdasan emosional siswa tersebut. Adapun hasil penelitian ini diperoleh bahwa terdapat peningkatan tingkat kecerdasan emosional siswa setelah dilakukan proses pembelajaran menggunakan permainan tradisional ular tangga, dimana pada saat pre-test diperoleh angka 46,95% dengan kategori Cukup, kemudian dari hasil pre-test diterapkan permainan tradisional ular tangga sehingga hasil pada saat post-tes mengalami peningkatan yaitu berada pada angka 75,43% dengan kategori Baik. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa permainan tradisional ular tangga ini dapat meningkatkan kecerdasan emosional siswa pada tingkat Sekolah Dasar.
Copyrights © 2023