Jurnal SOLMA
Vol. 12 No. 1 (2023)

Peningkatan Kualitas Pemahaman Konten dan Teknik Pengajaran Mata Pelajaran Fisika, Kimia, Matematika, Biologi, dan Teknologi Informasi Komputer (TIK)

Roniyus Marjunus (Jurusan Fisika, Fakultas MIPA, Universitas Lampung, Jl. Prof. Soemantri Brojonegoro No. 1 Gedongmeneng, Rajabasa, Bandar Lampung, Indonesia, 35141.)
Kamisah Delilawati Pandiangan (Jurusan Kimia, Fakultas MIPA, Universitas Lampung, Jl. Prof. Soemantri Brojonegoro No. 1 Gedongmeneng, Rajabasa, Bandar Lampung, Indonesia, 35141.)
Amanto Amanto (Jurusan Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Lampung, Jl. Prof. Soemantri Brojonegoro No. 1 Gedongmeneng, Rajabasa, Bandar Lampung, Indonesia, 35141.)
Mahfut Mahfut (Jurusan Biologi, Fakultas MIPA, Universitas Lampung, Jl. Prof. Soemantri Brojonegoro No. 1 Gedongmeneng, Rajabasa, Bandar Lampung, Indonesia, 35141.)
Yunda Heningtyas (Jurusan Ilmu Komputer, Fakultas MIPA, Universitas Lampung, Jl. Prof. Soemantri Brojonegoro No. 1 Gedongmeneng, Rajabasa, Bandar Lampung, Indonesia, 35141.)
Heri Satria (Jurusan Kimia, Fakultas MIPA, Universitas Lampung, Jl. Prof. Soemantri Brojonegoro No. 1 Gedongmeneng, Rajabasa, Bandar Lampung, Indonesia, 35141.)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2023

Abstract

Background: Pembelajaran Fisika, Kimia, Matematika, Biologi dan Teknologi Informasi-Komputer (TIK) atau disingkat MIPA-TIK di level Sekolah Menengah Atas (SMA) merupakan salah satu bagian dari komponen pendidikan tersebut. Pemahaman yang baik dan benar dari siswa SMA tentang MIPA-TIK diperlukan agar siswa SMA tidak lagi memandang mata pelajaran tersebut sebagai ilmu pengetahuan yang sukar. Oleh karena itu tingkat kualitas pemahaman guru-guru mata pelajaran tersebut di Provinsi Lampung umumnya dan Kabupaten Lampung Selatan khususnya, memegang peranan yang sangat penting. Metode: Evaluasi dilakukan pada awal kegiatan (pre-test) dan akhir kegiatan (post-test) untuk melihat keberhasilan dari kegiatan ini. Hasil: Hasil post-test dibanding pre-test sebesar 45,8%. Kesimpulan: terjadi peningkatan kemampuan atau kompetensi guru-guru dalam menyampaikan materi mata pelajaran tersebut secara baik dan benar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

solma

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal SOLMA merupakan jurnal di bawah naungan Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) dan dipublikasikan oleh Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Jurnal terdaftar dengan E-ISSN: 2614-1531 & P-ISSN: 2252-584x. Jurnal SOLMA mempublikasikan naskah-naskah artikel ilmiah dari ...