Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi)
Vol 7 No 1 (2023): Edisi Januari - April 2023

STRATEGI PEMASARAN PADA BULAN RAMADHAN: PEMBELAJARAN DARI PEDAGANG PASAR TRADISIONAL

Satoto, Eko Budi (Unknown)
Fatmawati, Endang (Unknown)
Maulina, Lien (Unknown)
Firdaus, Ahmad (Unknown)
Anwar, Hairul (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2023

Abstract

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang suci bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Bulan ini sangat mempengaruhi berbagai kegiatan masyarakat, tidak terkecuali pedagang pasar tradisional. Penelitian ini akan dilaksanakan dengan tujuan untuk melihat bagaimana perubahan yang dialami oleh pedagang pasar selama bulan Ramadhan, khususnya pedagang pasar tradisional. Penelitian ini akan dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang digunakan di dalam penelitian ini berasal dari hasil wawancara di lapangan dengan para pedagang pasar tradisional. Hasil penelitian ini kemudian menemukan bahwa selama bulan Ramadan, terdapat adanya suatu perubahan di dalam pasar, seperti permintaan pasar yang meningkat secara drastis dan perubahan dari perilaku konsumen. Hal ini kemudian dapat menyebabkan adanya persaingan yang semakin ketat dengan sesama pedagang lainnya, serta adanya tantangan tambahan di dalam menjaga kualitas produk dengan baik. Oleh karena itu, diperlukan adanya strategi-strategi yang perlu dilakukan oleh para pedagang, khususnya pedagang tradisional selama bulan puasa. Beberapa strategi tersebut antara lain dengan menyiapkan stok atau kuantitas produk yang banyak, menjaga kualitas produk tetap tinggi dengan harga yang masih wajar, memenuhi kebutuhan konsumen selama waktu khusus bulan Ramadan, dan berbagai strategi lainnya. Melalui strategi ini, maka diharapkan pedagang dapat beradaptasi dengan baik di bulan Ramadan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

mea

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi (MEA) Diterbitkan oleh Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muhammadiyah Bandung dimaksudkan sebagai media informasi dan forum pengkajian bidang ilmu Akuntansi, Manajemen, Bisnis dan Ekonomi. Jurnal ini berisikan ...