Buletin Edukasi Indonesia
Vol. 2 No. 02 (2023): Buletin Edukasi Indonesia

Kemampuan Membaca Peserta Didik Sekolah Dasar: Studi Kasus di Maulo'o, Nusa Tenggara Timur

Sonia Rahmatia (IKIP Muhammadiyah Maumere)
Ramlan (IKIP Muhammadiyah Maumere)



Article Info

Publish Date
24 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kesulitan belajar membaca dan menemukan alternatif perbaikan dalam pembelajaran membaca yang baik sehingga dapat menumbuhkan kebiasaan membaca yang menyenangkan bagi peserta didik. Metode deskriptif kualitatif digunakan untuk mendeskripsikan dan menggali analisis kemampuan membaca siswa kelas rendah di Dusun Dike, Desa Maulo'o. Data diperoleh dari subjek penelitian yang dibagi menjadi tiga kelompok berdasarkan tingkat kemampuan membaca. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan praktek membaca yang dilaksanakan secara individual dengan perkiraan waktu sekitar 15 menit per siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca siswa di kelas rendah perlu ditingkatkan, terutama pada siswa yang belum mampu membaca dengan lancar dan sangat belum lancar membaca. Peran orang tua sangat penting dalam membantu meningkatkan kemampuan membaca siswa di kelas rendah. Selain itu, perlu adanya upaya dan strategi pembelajaran yang tepat dan efektif untuk membantu siswa yang belum mampu membaca dengan lancar agar bisa menguasai seluruh aspek kemampuan membaca dengan baik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

BEI

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Buletin Edukasi Indonesia is a peer-reviewed, open-access magazine that considers scholarly, research-based articles on all aspects of education. This journal aims to facilitate the regional exchange of education theory, and contributions from different educational systems and cultures are ...