Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 2 (2023): Innovative: Journal Of Social Science Research

Urgensi Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Di Era Milennial (The Urgency Of Arabic Learning Strategies In The Millennial Era)

Agus Yasin (Universitas Darussalam Gontor)
Fadlurrahman Fadlurrahman (Universitas Darussalam Gontor)
Sayadi Sayadi (PP. Taman Baru Palenggiyan)
Muhammad Muhammad (Universitas Darussalam Gontor)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2023

Abstract

Urgensi suatu bahasa dapat dilihat dari fungsinya yang memegang peranan penting bagi kehidupan manusia. Bahasa Arab menjadi kebutuhan penting karena bahasa Arab merupakan bahasa kitab suci yang dianggap memiliki kesakralan yang tinggi. Tantangan yang dihadapi pada era globalisasi ini memberikan peluang yang dapat diwujudkan melalui bidang pendidikan. Penelitian ini membahas tentang pentingnya pembelajaran bahasa Arab dan strategi yang dapat diterapkan pada gaya belajar generasi milenial. Metode yang digunakan adalah studi pustaka melalui pendekatan analisis deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa generasi milenial memiliki gaya belajar yang cukup berbeda dengan generasi sebelumnya. Oleh karena itu, sangat penting menerapkan beberapa strategi yang dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab di era milenial, antara lain pembelajaran model literasi, pembelajaran hybrid, model pembelajaran sepanjang hayat dan pembelajaran fleksibel. Strategi pendukung meliputi metode Berbasis Riset, relevansi, rasional dan santai.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...