JURNAL DESTINASI PARIWISATA
Vol 10 No 1 (2022): VOL 10, NO 1 (2022): (JANUARY - JUNE) JURNAL DESTINASI PARIWISATA

Strategi Dan Implementasi Pemulihan Public Trust Di Sektor Pariwisata Soloraya Selama Pandemi Covid 19

Anditha Sari (Politeknik Indonusa Surakarta)
Wahyu Tri Hastiningsih (Politeknik Indonusa Surakarta)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Sektor pariwisata salah satu sektor penting bagi sebuah negara karena berjalannya sektor pariwisatamenunjang aktivitas ekonomi, sosial dan budaya di sekitarnya. Sebagai gambaran di lingkup wilayah domestikseperti wilayah solo mengalami penurunan yang signifikan. Rincian kunjungan wisatawan domestik di tahun2019 5,321 juta menjadi hanya 1,415 juta orang di tahun 2020. Melihat jumlah penurunan wisatawan yangtajam, tentu ini akan berdampak dalam hal tingkat hunian hotel, perputaran usaha UMKM, biro perjalanandan desa wisata. Fenomena menurunnya jumlah wisatawan terdampak karena kepercayaan umum (publictrust) terhadap keamanan kesehatan diri sendiri dan keluarga untuk aktivitas di luar rumah menurun.Khalayak lebih memilih melakukan aktivitas di dalam rumah. Fenomena ini ditanggapi oleh penggiatpariwisata dengan segera memberikan pelayanan yang menerapkan protocol kesehatan dan mempersiapkanperaturan yang bertujuan membatasi jumlah wisatawan yang berkunjung atau menginap setiap harinya untukmengembalikan kembali kepercayaan public dan menambah pendapatan di sector pariwisata. Tujuanpenelitian ini, penulis ingin memberikan gambaran strategi dan implementasi yang telah dilakukan sebagaibentuk sinergi para pelaku sektor pariwisata di perhotelan, desa wisata dan biro perjalanan untuk memulihkankembali kepercayaan khalayak kepada sektor pariwisata yang telah mati suri untuk bisa bangkit kembali.Penelitian ini berjenis deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologis Subyek dalam penelitian iniadalah pihak-pihak yang berkompeten sebagai praktisi Public Relations atau perwakilan manajemen di 3bidang yaitu perhotelan, desa wisata dan biro perjalanan. Subyek penelitian adalah Nava Hotel Solo, ParagonHotel, Desa Wisata Nglurah Tawangmangu serta biro perjalanan wisata Alam Wisata Nusantara dan PanggihTour.Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa pelaku sector pariwisata beradaptasi dan melakukan inovasipelayanan dengan menyesuaikan protokol Kesehatan dan inovasi pemasaran dengan pemanfaatan sosialmedia dan inovasi voucher.Keyword: public trust, pariwisata, wisatawan, protokol kesehatan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

destinasipar

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Destinasi Pariwisata diterbitkan oleh Program Studi S1 Destinasi Pariwisata Universitas udayana dan terbit sebagai tuntutan dunia akademis terutama di bidang kepariwisataan yang selalu dinamis. Perkembangan sektor pariwisata berawal dari dikenalnya suatu destinasi wisata termasuk aspek ...