Rekam : Jurnal, Fotografi, Televisi Animasi
Vol 19, No 1 (2023): April 2023

Video Promosi Wisata Kuliner Yogyakarta Menggunakan Microdrone

Lilik Kustanto (Institut Seni Indonesia Yogyakarta)
Agustinus Dwi Nugroho (Unknown)
Jj Al-Desafinadha (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Apr 2023

Abstract

ABSTRAKWisata kuliner di Yogyakarta menjadi daya tarik tersendiri. Namun karena pandemi, kondisinya tidak seramai sebelumnya. Salah satu strategi yang dilakukan adalah melakukan promosi secara masif dan menarik dalam bentuk video promosi dan disebarkan melalui media daring seperti Instagram, Facebook, dan Youtube. Permasalahan yang timbul adalah biaya produksi pembuatan video promosi yang dianggap masih berbiaya tinggi dan membebani para penyedia wisata kuliner. Oleh karena itu, tercetuslah gagasan untuk membuat video promosi wisata kuliner di Yogyakarta menggunakan microdrone yang dapat menekan biaya produksi. Microdrone adalah drone berukuran kecil, ringan, dan murah. Microdrone pada dasarnya adalah drone mainan atau hobi yang dapat dimanfaatkan sebagai alat pengambilan gambar yang berkualitas dengan menyematkan kamera high definition (HD) atau 4K.  Penggunaan microdrone seiring pemikiran tentang peran drone saat ini yang mendukung pencapaian pendidikan sehingga sangat perlu untuk selalu dikembangkan pemanfaatannya. Metode produksi video menggunakan kamera bergerak (terbang) dan statis (diam) menggunakan microdrone. Pengambilan gambar aerial hingga gambar informasi yang detail dilakukan sepenuhnya dengan menggunakan microdrone yang dioperasikan oleh pilot microdrone. Tahapan menggunakan standar tahapan produksi, yaitu praproduksi, produksi, dan pascaproduksi. Tujuan dari penelitian terapan ini adalah menyebarkan informasi wisata di Yogyakarta melalui video promosi yang menarik, efektif, dan efisien biaya namun tetap berkualitas. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan microdrone ini menghasilkan sebuah informasi yang disajikan dalam framing dan komposisi gambar untuk menggambarkan objek area yang luas dan detail dari objeknya secara menarik, dengan efesiensi biaya.Culinary tourism in Yogyakarta is an attraction in itself, but because of the pandemic the conditions are not as busy as usual. One of the strategies is to carry out massive and attractive promotions in the form of promotional videos, and disseminate them through online media such as Instagram, Facebook and YouTube. The problem that arises is the production cost of making promotional videos which are still considered high cost and burdensome for culinary tourism providers. Therefore, there is an idea to make a promotional video for culinary tourism in Yogyakarta using a microdrone which greatly reduces production costs. Microdrone is a drone that is small, light and inexpensive. Microdrone is basically a toy or hobby drone that can be used as a quality image capture tool by embedding an HD (high definition) or 4K camera. The use of microdrones is in line with thinking about the current role of drones in supporting educational achievement, so it is very necessary to always develop their use. The video production method uses a moving (flying) or static (still) camera using a microdrone. Aerial image capture to detailed information images is carried out in full using a microdrone operated by a microdrone pilot. While the stages use standard production stages, namely pre-production, production and post-production. The purpose of this applied research is to disseminate tourism information in Yogyakarta through promotional videos that are attractive, effective, and cost efficient but still of high quality.Keywords: promotional videos, Culinary tourism, microdrone

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

rekam

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Rekam: Jurnal Fotografi, Televisi, Animasi is a scientific journal published by the Asosiasi Dosen Seni Media Rekam Indonesia in collaboration with the Fakultas Seni Media Rekam, Institut Seni Indonesia Yogyakarta. This journal contains articles on research results, conceptual ideas (results of ...