JURNAL MUTIARA PENDIDIKAN (JMP)
Vol. 3 No. 1 (2023): Februari

PEMETAAN STRATEGI PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK KELOMPOK B

Nur Ismawati (Universitas Mataram)
Gunawan (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram)
Ika Rachmayani (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram)
Fahruddin (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
07 Feb 2023

Abstract

Strategi pembelajaran adalah pendekatan secara menyeluruh dalam suatu sistem pembelajaran, yang berupa pedoman umum dan kerangka kegiatan untuk mencapai tujuan umum pembelajaran yang melukiskan prosedur yang sistematis dalam membentuk pengalaman belajar siswa, mengatur dan merencanakan bahan ajar untuk mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pembelajaran untuk meningkatkan perkembangan bahasa anak kelompok B. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah subyek penelitian keseluruhan individu yang diteliti dan adapun jumlah keseluruhan guru TK yang ada di Kecamata Sekarbela berjumlah 49 guru. Maka yang akan menjadi populasi dalam penelitian ini adalah guru yang mengajar anak kelompok B yang ada di Kecamatan Sekarbela berjumla 17 guru. Sampel yang digunakan sebanyak 34,6% yaitu 17 guru dengan menggunakan teknik purposive random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu melalui pemberian angket dan metode wawancara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik perhitungan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran yang digunakan guru untuk meningkatkan perkembangan bahasa (keterampilan menyimak) anak kelompok B di Kecamatan Sekarbela dapat dikembangkan melalui strategi pembelajaran bercerita 39,4%, bermain 32,7% dan bernyanyi 27,9%. Dapat disimpulkan dalam penelitian ini, strategi pembelajaran untuk meningkatkan perkembangan bahasa anak kelompok B lebih banyak ditemukan pada pembelajaran melalui bercerita dengan hasil analisis data memperoleh nilai persentase tertinggi. Kata Kunci: strategi pembelajaran, perkembangan bahasa, kelompok B

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JMP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Mutiara Pendidikan (JMP) merupakan wadah publikasi ilmiah bagi dosen, guru, mahasiswa, dan peneliti bidang anak usia dini, termasuk Pendidikan serta psikologis anak pada tahapan perkembangan ...