Pendidikan menjadi pilar kehidupan dengan menanamkan dan mengembangkan nilai-nilai yang mampu membentuk manusia seutuhnya. Dalam kehidupan bentuk permasalahan bermuculan dalam berbagai bentuk sehingga manusia dituntut mendayagunakan potensi dirinya yaitu berpikir mencari dan mendapatkan alternatif penyelesaiannya. Penelitian ini bertujuan menganalisis resolusi atas problematika internal pendidikan Islam dengan pendekatan design thinking. Metode penelitian menggunakan kualitatif dengan studi pustaka sesuai dengan tema dan fokus penelitian, sedangkan analisis design thinking. Penelitian menemukan bahwa problematika internal pendidikan Islam yaitu radikalisasi pemahaman agama Islam, multikultural dan multietnis, pergeseran sentralisasi dan disentralisasi kebijakan, kurangnya sumberdaya manusia di bidang ilmu teknologi dan sains serta nilai dan literasi kritis. Menggunakan design thinking diperoleh pendekatan solutif yaitu upaya penegasan orientasi islam dalam pendidikan, pemurnian Islam dalam reformasi pendidikan, mencapai tujuan pendidikan Islam, Islamisasi ilmu pengetahuan dan upaya penguatan dalam sumber daya melalui sertifikasi guru dan dosen, reorientasi pendidikan islam berbasis dialog, bersahabat dengan sains dan teknologi, pengembangan kesadaran diri kritis yang berdaya cipta dan pengembangan pendidikan islam bidang kejuruan dan teknologi. Implikasi penelitian menunjukkan bahwa semakin berkembang kehidupan menciptakan permasalahan yang kompleks pada pendidikan Islam diperlukan pendekatan design thingking dalam tahap penyelesaiannya
Copyrights © 2023