Center of Economic Students Journal (CSEJ)
Vol. 4 No. 2 (2021): April

Pengaruh Transfer Pricing dan Kepemilikan Asing Terhadap Tax Avodance Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI)

Muhammad Yazzid Muhajirin (Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia)
Asriani Junaid (Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia)
Muh. Arif (Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia)
Andika Pramukti (Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh transfer pricing dan kepemilikan asing terhadap tax avoidance. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur subsektor konsumsi yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI) 2019-2021. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dan diperoleh 10 perusahaan dengan jumlah pengamatan 3 tahun, jadi sampel adalah 30. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif dan SPSS (Statistical Product and Service Solution). Berdasarkan analisis yang telah di lakukan bahwa Transfer Pricing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Tax Avoidance. Hal ini dapat disebabkan karena semakin tinggi Transfer Pricing maka semakin meningkat Tax Avoidance dan Kepemilikan Asing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Tax Avoidance. Hal ini dapat disebabkan karena semakin tinggi Kepemilikan Asing maka semakin meningkat Tax Avoidance.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

CSEJ

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

CESJ : Center Of Economic Students Journal is an economics journal/article published and updated on a regular basis by students from the Faculty of Economics at UMI that aims to serve as a place to accommodate ideas, scientific studies, and studies, as well as a conduit of information for academic ...