Center of Economic Students Journal (CSEJ)
Vol. 4 No. 4 (2021): October

Pengaruh Marketing Mix Terhadap Volume Penjualan Perusahaan Swalayan Di Kabupaten Polewali Mandar

Indah Lestari (Ilmu Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia)
Annas Plyriadi (Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia)
Amiruddin Husain (Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia)
Jeni Kamase (Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia)
Suriyanti (Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh Implementasi Marketing Mix Terhadap Volume Penjualan Produk Pada Perusahaan Swalayan di Kabupaten Polewali Mandar. Populasi dalam Penelitian ini adalah Jumlah Konsumen Aktif/member di Perusahaan Swalayan Kabupaten Polewali Mandar, yang berjumlah 1.678 orang. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 orang dengan menggunakan teori sampel Slovin. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, kuesioner dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunkan Statistical Product and Servise Solution (SPSS) v.13. Persamaan regresi linier berganda menghasilkan persamaan Y =- 24,194+0,129X1 0,740X2 0,376X3 1,979X4. Dengan demikian hasil penelitian ini menemukan bahwa variabel marketing mix berpengaruh positif terhadap volume penjualan. Hasil analisis korelasi determinasi (R Square) sebesar 0,163 yang menunjukkan bahwa variabel marketing mix mampu memberikan kontribusi sebesar 16,3%. Selisihnya 83,7% di pengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Hasil uji t menghasilkan kesimpulan bahwa hanya variabel place memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel volume penjualan dengan nilai 0,000 < 0,10 dan hasil uji F menjelaskan bahwa empat variabel Marketing Mix berpengaruh signifikan terhadap Volume Penjualan nilai F-hitung -5,581 > F-tabel -2,01.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

CSEJ

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

CESJ : Center Of Economic Students Journal is an economics journal/article published and updated on a regular basis by students from the Faculty of Economics at UMI that aims to serve as a place to accommodate ideas, scientific studies, and studies, as well as a conduit of information for academic ...