JP (Jurnal Pendidikan) : Teori dan Praktik
Vol 7 No 2 (2022): Vol. 7 No. 2 (2022): Volume 7, Nomor 2, September 2022

PENGARUH PERMAINAN HARTA KARUN TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP RUANG ANAK USIA 5-6 TAHUN

Pupung Puspa Ardini (Universitas Negeri Gorontalo)
I Gusti Ayu Mastini (Universitas Negeri Gorontalo)
Icam Sutisna (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
03 Feb 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki bagaimana persepsi anak tentang konsep ruang berubah akibat bermain dengan harta karun. Anak-anak berusia antara 5 dan 6 tahun menjadi subjek penelitian ini di Gorontalo. Pendekatan eksperimen dengan one group pretest-posttest design digunakan untuk mengatasi permasalahan penelitian yang berkaitan dengan konsep ruang. Terdapat pengaruh terhadap kemampuan mengenal konsep ruang, hal ini dapat disimpulkan dari delapan perlakuan bermain harta karun. Hal ini ditunjukkan dengan selisih skor rata-rata keseluruhan sebelum dan sesudah menggunakan permainan harta karun, yaitu masing-masing 14,8 dan 52. Berdasarkan uji t dapat diketahui hasil uji yang signifikan, dengan t hitung = 14,08 dan nilai t tabel pada α = 0,05 atau 2,064. Oleh karena itu, jika t hitung melebihi t tabel, maka Ho ditolak atau H1 diterima, yang menunjukkan bahwa permainan harta karun berdampak pada kemampuan seseorang untuk memahami konsep.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JP (Jurnal Pendidikan) : Teori dan Praktik e-ISSN : 2527-6891 is a scientific journal that contains and disseminates research results, in-depth study, and innovative ideas in the field of educational science. The innovation of teachers and lecturers in the development of the education sector can ...