OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika
Vol. 1 No. 1 (2022): OMEGA

Pengaruh Model Pembelajaran Anchored Instruction Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematik Siswa Kelas XI SMA Al-Maksum Cinta Rakyat

Israq Maharani (Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Alwashliyah Medan)
Risna Mira Bella Saragih (Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Alwashliyah Medan)
Dwi Wahyuni (Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Alwashliyah Medan)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran anchored instruction terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest postest kontrol grup design, dimana terdapat dua kelompok yang dipilih secara random untuk mengetahui pengaruh pembelajaran terhadap kemampuan pemahaman konsep matematik siswa. hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kelas eksperimen sebesar 83,7 dan kelas kontrol 75,3. untuk rata-rata postest kelas eksperimen sebesar 90,3 dan kelas kontrol sebesar 83,7. dalam uji hipotesis analisis data, diperoleh thitung 7,815 artinya ada pengaruh model pembelajaran anchored instruction terhadap kemampuan pemahaman konsep matematik siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jkpm

Publisher

Subject

Mathematics

Description

OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika adalah jurnal yang memuat hasil-hasil penelitian dan pembahasan di bidang pendidikan matematika yang meliputi pendidikan dan pengajaran, strategi pembelajaran, kurikulum, media pengajaran, metode pembelajaran, teknik pembelajaran. Jurnal ini diterbitkan ...