Kompetensi guru PAUD sangat penting untuk mewujudkan iklim belajar yang menyenangkan dan bermakna bagi anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis iklim belajar anak usia dini dalam pembelajaran daring berbasis kompetensi guru PAUD di Provinsi Gorontalo. Penelitian ini memakai jenis penelitian mix metode dengan pendekatan ekspantori. Sampel dalam penelitian ini adalah 59 guru yang ada di Provinsi Gorontalo. Cara untuk mengumpulkan datanya memakai angket, observasi, wawancara serta dokumentasi. Hasil penelitian memperlihatkan bahwasannya efektivitas iklim belajar siswa dalam pembelajaran daring berbasis kompetensi guru PAUD pada masa pasca pandemi covid-19 berada pada tingkatan niai efektif 3.6% dengan nilai frekuensi 35.36% hal tersebut menunjukan kategori sangat rendah pada iklim belajar anak usia dini di Provinsi Gorontalo. Hal ini dapat ditingkatkan dengan memperhatikan iklim belajar dan budaya belajar di sekolah antara siswa PAUD dan guru serta memotivasi belajar siswa anak usia dini di rumah melalui kerjasama orang tua dan anak dalam keluarga.
Copyrights © 2023