Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI)
Vol. 6 No. 1 (2023): JPPSI, April 2023

Pengaruh Problem Based Learning terhadap Kemampuan Kognitif dan Keterampilan Proses Sains Materi Sistem Peredaran Darah Kelas VIII SMP Negeri 1 Pancur Batu

Melina Angelita Stevani (Universitas Negeri Medan)
Halim Simatupang (Universitas Negeri Medan)
Dermawati Sinaga (SMP Negeri 1 Pancur Batu)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan kognitif dan keterampilan proses sains materi sistem peredaran darah pada kelas VIII SMP Negeri 1 Pancur Batu Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian menggunakan quasi eksperimen dengan desain Pretest and Posttest Control Group Design. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII-4 (Kelas Eksperimen) dengan model pembelajaran PBL dan kelas VIII-7 (Kelas Kontrol) menggunakan model pembelajaran langsung. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan observasi. Data dianalisis dengan menguji hipotesis menggunakan Independent Sample t-test. Data pretest dan posttest menunjukkan peningkatan kemampuan kognitif berdasarkan N-Gain. Peningkatan kemampuan kognitif kelas eksperimen yaitu 71% dan kelas kontrol yaitu 58% Data persentase akhir keterampilan proses sains kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing adalah 79,94% dan 69,56%. Berdasarkan uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan kognitif dan keterampilan proses sains pada materi sistem peredaran darah kognitif kelas VIII SMP Negeri 1 Pancur Batu Tahun Pelajaran 2022/2023.

Copyrights © 2023