Jurnal Material dan Energi Indonesia
Vol 8, No 02 (2018)

FABRIKASI SEL SURYA TERSENSITISASI DYE (DYE SENSITIZED SOLAR CELL) DENGAN VARIASI LAPISAN SCATTERING

ANDRIANTO MUHARAM (1Program Studi Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Halu Oleo, Jl. Prof. HEA Mokodompit No. 1, Kendari, 93232)
WAODE SUKMAWATI ARSYAD (1Program Studi Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Halu Oleo, Jl. Prof. HEA Mokodompit No. 1, Kendari, 93232)
IDA USMAN (1Program Studi Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Halu Oleo, Jl. Prof. HEA Mokodompit No. 1, Kendari, 93232)
RAHMAT HIDAYAT (Departemen Fisika, ITB)



Article Info

Publish Date
04 Feb 2019

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang fabrikasi sel surya tersensitisasi dye (Dye sensitized solar cell) dengan variasi lapisan scattering, untuk mengetahui pengaruh penggunaan lapisan scattering yang berbeda terhadap daya serap dye di dalam lapisan TiO2 melalui pengukuran absorbansi, dan pengaruh penggunaan lapisan scattering terhadap unjuk kerja sel surya melalui pengukuran I-V. Hasil pengukuran absorbansi menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang linear antara peningkatan nilai absorbansi dengan peningkatan nilai efisiensi sel DSSC yang dihasilkan. Penggunaan lapisan scattering terbukti memperpanjang lintasan cahaya didalam lapisan TiO2 yang tampak dari spektrum absorbansi yang dihasilkan dimana daerah penyerapannya menjadi lebih panjang melewati daerah cahaya tampak (Sampel B dan C) danĀ  memasuki daerah penyerapan cahaya Near Infrared (NIR) (Sampel D). Hasil pengukuran I-V, sampel C2 menunjukkan efisiensi terbaik yang dihasilkan oleh sel yang menggunakan Ti-Nanooxide reflector sebagai lapisan scattering yaitu sebesar 3,43%, JSC sebesar 9,19 mA/cm2 dan VOC sebesar 0,69 Volt. Berdasarkan hasil penelitian ini, lapisan scattering yang paling cocok digunakan pada sel DSSC adalah menggunakan Ti-nanooxide reflector.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jmei

Publisher

Subject

Energy Materials Science & Nanotechnology

Description

Jurnal Material dan Energi Indonesia (JMEI) merupakan jurnal ilmiah yang memuat hasil-hasil penelitian yang mencakup kajian teoretik, simulasi dan modeling, eksperimen, rekayasa dan eksplorasi dalam bidang Material dan Energi. Jurnal ini terbit secara berkala sebanyak dua kali dalam setahun (Juni ...