Pembelajaran daring terdapat berbagai kendala dalam penerapannya. Pembelajaran melalui internet menjadi hal yang sulit dilakukan di beberapa daerah tertentu dengan jaringan yang tidak memadai. Berbagai tuntutan pembelajaran yang harus diselesaikan oleh siswa menyebabkan mereka mengalami stress. Ketidakmampuan mahasiswa untuk beradaptasi dengan keadaan yang baru tersebut membuat mereka mengalami stress. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan siswa tentang stress dan meningkatkan kesadaran dan kemampuan siswa dalam pengelolaan stress. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan pengabdian masyarakat adalah dengan melakukan pengukuran tingkat pengetahuan siswa tentang stres sebelum diberikan pendidikan kesehatan setelah itu melakukan penyuluhan mengenai stress dan self change. Evaluasi yang dilakukan dengan cara memberikan pertanyaan posttest. Terjadi peningkatan pengetahuan sebelum dan setelah dilakukan pendidikan tentang stress dan self change dan siswa dapat mengikuti langkah-langkah menejemen stress sesuai dengan yang sudah diajarkan. Terdapat perbedaan hasil pre-test dan post-test siswa siswi yang mengikuti penyuluhan menejemen stress dengan self change di SMA Dwijendra Denpasar.
Copyrights © 2022