Islamic Business and Finance (IBF)
Vol 4, No 1 (2023): ISLAMIC BUSINESS and FINANCE

Peningkatan Volume Penjualan Malalui Strategi Distribusi dalam Ekonomi Syariah

Ilham Chanra Putra (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)



Article Info

Publish Date
04 May 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya volume penjualan pada Graha Pratama Fish, namun Graha Pratama Fish belum memiliki agen resmi di setiap daerah untuk menyalurkan distribusi. Strategi distribusi merupakan  bermacam kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk menjadikan produk lebih mudah diperoleh atau tersedia untuk pasar sasaran. Dengan tujuan agar konsumen dapat dengan mudah memperoleh barang yang konsumen butuhkan. Semakin baiknya strategi distribusi maka hal ini akan meningkatkan volume penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Strategi Distribusi dalam meningkatkan volume penjualan pada Graha Pratama Fish di Kampung Patin Desa Koto Mesjid Kabupaten Kampar, dan bagaimana tinjauan ekonomi syariah terhadap strategi distribusi dalam meningkatkan volume penjualan pada pada Graha Pratama Fish di Kampung Patin Desa Koto Mesjid Kabupaten Kampar. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan sumber data primer dan skunder. Teknik pengumpulam data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi serta teknik analisis yang digunakan yaitu analisis deskristif kualitatif. Adapun populasi penelitian ini berjumlah (5) lima orang, dan semua populasi dijadikan sampel dengan menggunakan teknik total sampling. Hasil penelitian ini yaitu Strategi distribusi yang digunakan oleh Graha Pratama Fish  adalah strategi distribusi ekslusif. Strategi distribusi ekslusif yaitu, mendistribusikan produk melalui satu saluran dan beberapa anggota saluran (pedagang dan outlet). Saluran distribusi yang digunakan oleh Graha Pratama Fish adalah saluran langsung dan saluran tiga tingkat. Saluran langsung yaitu, produsen berada langsung pada konsumen (Graha Pratama Fish – Konsumen), dan saluran tidak langsung (produsen-agen-pedagang besar-konsumen). Saluran tiga tingkat atau saluran tidak langsung (produsen-agen-pedagang besar-konsumen) yaitu produsen memilih agen (agen penjualan atau agen pabrik) sebagai penyalurnya. Agen penjualan menjalankan kegiatan perdagangan besar dalam saluran distribusi yang ada. Sasaran penjualannya terutama ditujukan kepada para pengecer besar. Strategi dalam meningkatkan volume penjualan di Graha Pratama fish secara umum sudah sesuai dengan ekonomi syariah dalam mendistribusikan produk Graha Prtama Fish memiliki prinsip keadilan, tanggung jawab hingga produk sampai ke tangan konsumen.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

IBF

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Islamic Business and Finance merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Islamic Business and Finance sebagai salah satu Media pengkajian dan penyajian karya Ilmiah terutama dibidang dalam bidang ...