Jurnal Ilmiah Teknologi dan Komputer (JITTER)
Vol 3 No 2 (2022): Jurnal Jitter Vol. 3, No. 2, August 2022

IMPLEMENTASI ERP PADA MANAJEMEN SDM MODUL HUMAN RESOURCE DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE ODOO (STUDI KASUS KERATON JIMBARAN RESORT & SPA)

I Putu Bayu Aditya Putra (Anggota)
Ni Made Ika Marini Mandenni (Unknown)
I Putu Agus Eka Pratama (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2022

Abstract

Keraton Jimbaran Resort & SPA merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jasa perhotelan dan hotel bintang empat yang beralamat di Jl. Mrajapati, Jimbaran, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali. Keraton Jimbaran Resort & SPA memiliki bagian Human Resources untuk mengelola sumber daya manusia (SDM) pada perusahaan, selain itu Human Resource juga mengelola berbagai data seperti mengelola data karyawan, pelamar, cuti dan penggajian (payroll). Data sudah terkomputerisasi dengan menggunakan Microsoft Excel tetapi belum adanya sistem yang dibangun secara terintegrasi menyebabkan sering terjadinya redudansi data dan pengolahan data yang cukup menyita waktu pada Keraton Jimbaran resort & SPA, sehingga menyulitkan pengelolaan data dari karyawan. Penerapan ERP dengan aplikasi Odoo menjadi solusi karena dapat mengintegrasikan bisnis proses yang ada, terutama proses absensi, recruitmen, permohonan cuti dan penggajian dengan modul Human Resource yang ada pada aplikasi Odoo. Pengujian sistem dilakukan dengan metode User Acceptance Test (UAT), hasil pengujian sistem yaitu untuk mengetahui implementasi modul sesuai proses bisnis perusahaan dengan aplikasi Odoo dalam kegiatan recruitmen, absensi, manajemen pegawai, permohonan cuti dan penggajian, sehingga proses bisnis yang ada pada Keraton Jimbaran Resort & SPA menjadi lebih efektif dan efisien.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jitter

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

The journal publishes work from all disciplinary, theoretical and methodological perspectives. It is designed to be read by researchers, scholars, teachers and advanced students in the fields of Information Systems and Information Science, as well as IT developers, consultants, software vendors, and ...