Jurnal Ilmiah Teknologi dan Komputer (JITTER)
Vol 3 No 2 (2022): Jurnal Jitter Vol. 3, No. 2, August 2022

Analisis Respon Pelanggan Terhadap Suatu Produk Dengan Metode Support Vector Machine (SVM)

kadek dede setiawan (Ni Made Ika Marini Mandenni, Dwi Putra Githa)
Ni Made Ika Marini Mandenni (Unknown)
Dwi Putra Githa (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2022

Abstract

Perkembangan teknologi informasi membuat terjadinya perubahan metode belanja masyarakat dimana masyarakat dapat berbelanja secara online. penjualan secara online membuat konsumen tidak dapat melihat produk secara langsung dimana konsumen hanya dapat melihat foto dan ulasan produk sebagai pertimbangan dalam berbelanja. Respon pelanggan adalah reaksi pelanggan atau konsumen terhadap suatu produk dimana reaksi ini dapat mempengaruhi tanggapan konsumen terhadap suatu produk. Respon pelanggan dapat berupa data ulasan produk dimana data ulasan produk yang berberntuk teks dapat diklasifikasikan dengan metode text mining dan algoritma Support Vector Machine (SVM). Penelitian ini melakukan klasifikasi berdasarkan data ulasan produk kosmetik pada website https://femaledaily.com/ dimana klasifikasi dikelompokkan berdasarkan jenis kulit dan umur konsumen. Hasil pengujian dengan menggunakan metode SVM menunjukan akurasi tertinggi sebesar 90% dan akurasi terendah sebesar 81%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jitter

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

The journal publishes work from all disciplinary, theoretical and methodological perspectives. It is designed to be read by researchers, scholars, teachers and advanced students in the fields of Information Systems and Information Science, as well as IT developers, consultants, software vendors, and ...